Taman Rekreasi Selecta


Taman Rekreasi Selecta (Foto: skyscrapercity.com)

Taman Rekreasi Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Tepatnya berjarak 4 km sebelah utara dari pusat pemerintahan Kota Wisata Batu, atau berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Malang. Taman Wisata Selecta terhampar seluas 18 hektare, sedangkan untuk taman rekreasi tidak kurang dari 8 hektare. Jalan menuju ke Selecta kondisinya sangat bagus. Pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati karena kontur jalan naik-turun dan berkelok. Ketika jalan yang Anda lalui mulai menanjak dan banyak pohon apel di kiri dan kanan jalan, berarti Selecta sudah di depan mata. Dari sana seluruh Kota Batu dan sekitarnya bisa dipandang keindahannya. Di hari tertentu, tergantung musim, pengunjung bisa menikmati pemandangan kebun apel dan sayur-sayuran.

Banyak di antara pengunjung adalah turis asing, kebanyakan dari Belanda, Singapura, Taiwan, Malaysia, Korea, dan Jepang. Bukan sekadar taman wisata biasa, ini adalah taman bunga nan cantik yang berpadu dengan water park sederhana. Letaknya yang berada di 1.150 meter dari permukaan laut membuat bunga-bunga di sini tumbuh dengan sehat dan segar. Dalam hal panorama, bangunan Villa Bima Shakti yang berada di atas bukit ini merupakan tempat tertinggi di alam pegunungan Kota Batu.

Taman rekreasi ini dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt sepanjang 1920-1928. Dari dahulu selalu dijadikan tempat peristirahatan dan wisata pilihan bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Hingga sekarang Selecta yang berasal dari kata ‘selectie’ yang berarti pilihan, tetap dijadikan tempat wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat. Pada jaman Jepang tahun 1942, Bung Karno pernah menginap di Villa de Brandarice, –sekarang bernama Bima Shakti selama 15 hari. Begitupun Bung Hatta pernah bermalam di Villa Bima Shakti pada 1947 menjelang konferensi KNIP. Pada kurun 1952-1955, Presiden Sukarno dan Wakilnya Muhammad Hatta sering beristirahat di Selecta. Beberapa keputusan penting kenegaraan pun diputuskan di sana. Pada 1949 Selecta dibumihanguskan oleh pejuang Indonesia. Namun pada 19 Januari 1950 Selecta dibangun kembali oleh 47 orang yang terakomodir dalam kepemilikan saham.

Tiket masuk ke dalam taman rekreasi ini tidak terlalu mahal yaitu Rp 20.000 per orang. Harga tiket ini mulai berlaku mulai pada awal tahun 2014 yang semula harga tiketnya sebesar Rp 15.200. Dengan harga tersebut  pengunjung bisa langsung menikmati fasilitas kolam renang, taman air Kamandanu, dan water boom. Namun, fasilitas permainan lain berbayar. Untuk menikmati flying fox, misalnya, pengunjung dikenai Rp 20 ribu per orang. Menunggang kuda untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas Rp 10 ribu dan perahu bebek air Rp 15.000 per orang.

Memasuki area taman pengunjung dapat menikmati kolam ikan dan akuarium raksasa yang dipenuhi berbagai macam ikan air tawar dan ada sebuah gua unik bernama Gua Saga. Pepohonan dan bunga menghias di sekelilingnya, tangga-tangga batu yang menghubungkan beberapa jalan berpusat di sana. Air mancur semakin menyempurnakan keindahan bagian depan taman wisata ini. Lembah luas di kawasan taman dipenuhi dengan bunga bermekaran. Dari atas, pemandangan terlihat seperti karpet warna-warni.

Taman bunga Selecta didominasi bunga kana, terutama yang berwarna merah, kuning, dan pink. Terhampar pula bunga krisan, pancawarna (ajisai, dalam bahasa Jepang). Semua bunga tertata rapi dalam satu area seluas hampir satu hektare. Sepintas dilihat, taman bunga Selecta mirip taman bunga Keukenhof di selatan Belanda. Bedanya, Keukenhof dikenal sebagai taman bunga tulip, yang jadi maskot negeri Kincir Angin tersebut. Di sana, ada beberapa gazebo di sekeliling taman yang bisa digunakan sebagai tempat piknik atau tempat istirahat. Sedangkan pohon-pohon cemara dan pinus seakan menjadi pagar di ujung taman.

Kawasan kolam renang berada di sebelah kanan dari lembah bunga. Tidak hanya berenang, Anda juga bisa menikmati wahana air seperti perahu bebek. Airnya dingin namun sangat menyegarkan. Kolamnya yang bersih dan jernih berasal dari pegunungan dan wahananya yang warna-warni menarik banyak anak-anak. Kolam renang yang ada di sini penuh dengan aneka variasi (kedalaman maupun variasi papan loncat dan luncur) membuat para pengunjung tidak akan bosan berada di air.

Taman Wisata Selecta memang lebih cocok untuk wisata keluarga. Taman bunga merupakan salah satu obyek yang paling diandalkan pengelola Selecta selain obyek lain, seperti area outbound dan flying fox, goa singa, kolam renang, taman air, perahu bebek, kora-kora, dan area berkuda bagi anak-anak. Tentu masih banyak lagi pilihan permainan atau suasana nyaman yang akan ditemukan di Taman Rekreasi Selecta. Bahkan, Selecta juga sering di kunjungi oleh calon suami istri untuk melakukan pemotretan pre-wedding di taman bunga atau taman di sekeliling Selecta. Ini tak lepas dari keindahan panorama taman rekreasi ini. Selecta merupakan pelopor taman wisata pertama di Jawa Timur. Sejak berdiri Selecta memang lebih dikenal dengan penginapan dan taman bunga.

Selain ada wisata hiburan dan wisata alam, Selecta juga dilengkapi wisata kuliner. Di Taman Wisata Selecta memiliki komplek restoran dan tempat makan yang tentunya lezat dengan kapasitas 200 sampai 300 orang. Di sini menyediakan aneka makanan khas Jawa Timur dengan pelayanan yang cukup bagus. Jadi Anda para pengunjung yang akan berwisata ke Selecta, tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan. Bagi Anda yang akan menginap, di Selecta juga ada hotel dengan fasilitas bintang  yang berada di area sebelah depan Selecta. Pengunjung yang menginap di Hotel Selecta mendapat fasilitas tiket masuk ke taman wisata tadi. Harga per kamar bervariasi dengan harga termurah Rp 300.000. Fasilitas aula di Hotel Selecta sering disewa sebagai tempat pertemuan organisasi masyarakat dan instansi pemerintah. Pada saat long weekend seringkali Selecta menyuguhkan hiburan live musik bagi para pengunjung.

Ada hal menarik dari Selecta, selain taman bunga, kolam renang serta hawa perbukitan yaitu pasar wisata yang memiliki beraneka macam oleh-oleh. Pasar wisata Selecta terletak di pintu keluar area Taman Rekreasi Selecta.  Pasar ini menyediakan berbagai macam aneka olahan dan souvenir dari kota ini. Para pedagang di sini menerapkan sistem paketan untuk menarik pembeli. Misalnya, keripik aneka buah berisi lima bungkus dibanderol hanya Rp 20 ribu per paketnya, sedangkan yang berisi empat bungkus harganya Rp 10 ribu. Pasar Selecta mulai buka pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB atau menyesuaikan  dengan kunjungan wisatawan.

Harga Tiket Masuk (HTM) Selecta:
Weekday (Senin-Jumat) : Rp 15.000,-/orang
Weekend (Sabtu-Minggu) : Rp 20.000,-/orang
Parkir bus Rp 6.000,-/unit
Parkir mobil pribadi Rp 5.000,-/unit
Parkir sepeda motor Rp 2.000,-/unit

Tiket Wahana:
Flying fox Rp 20.000,-/orang
Menunggang kuda Rp 10.000,-/orang (berusia 5 tahun ke atas)
Perahu bebek air Rp 15.000,-/orang

Alamat Taman Rekreasi Selecta:
Jl. Raya Selecta 1 Kota Wisata Batu
Telp. 0341-591025, 592379
Fax. 0341-592369

100% Ngalam & / Kirim Artikel ke [iNgalam]

comments powered by Disqus